Translate

Sabtu, 17 Desember 2011

Membuat Terompet Tahun Baru

Membuat Terompet Tahun Baru

  

Malam tahun baru adalah petang hingga malam hari tanggal yang merupakan hari terakhir dalam tahun, sehari sebelum . Dalam kebudayaan Barat, malam tahun baru dirayakan dengan pesta-pesta dan acara berkumpul bersama kerabat, teman, atau keluarga menanti saat pergantian tahun. Itulah yang dikatakan oleh simbah


Saya tidak akan membahas lebih jauh mengenai apa itu tahun baru dan bagaimana tahun baru bisa terjadi, karena keterbatasan ilmu yang ada. Akan tetapi saya akan memberikan sedikit gambaran mengenai cara  . Weiittss !! ndak salah tuh Mas? Ngapain musti repot-repot bikin terompet? Lha wong di pinggir2 jalan kan sekarang sudah banyak yang jualan terompet.
Yups, memang benar. Fenomena terompet dan penjual terompet bisa dikatakan aktifitas rutin dan telah menjadi sumber mata pencaharian bagi beberapa orang. Dengan datangnya malam tahun baru, maka bisa dipastikan banyak sekali pendatang-pendatang baru yang mengadu nasih dengan berjualan terompet.





Dan keisengan itu muncul pertama kalinya ketika saya masih lajang dan masih suka kumpul-kumpul dengan beberapa sahabat sampai kemudian berubah menjadi aktifitas rutin tahunan. Panjang kisahnya jika harus dituturkan disini. Namun yang jelas, 2 tahun ini berhenti total karena keterbatasan waktu mengurus keluarga dan pekerjaan.


Untuk itu, saya ingin membagikan resep terompet ini kepada kawan-kawan yang mungkin ingin mencari kesibukan di Malam Tahun Baru. Meski sedikit terlambat, namun masih ada waktu beberapa hari kedepan untuk “beraksi”. . Dan sedikit cerita, dulu saya membuat per 1 terompet bermodal 2ribu rupiah kemudian laku terjual dengan harga per terompet 5ribu – 6ribu rupiah. Berapa keuntungan yang bisa diperoleh dengan membuat 10, 20, 30 atau mungkin 100 terompet anti air  ini?

Cara Membuatnya

Pertama kali yang harus Anda siapkan adalah kendaraan Anda. Bisa sepeda onthel, sepeda motor, Mersi, BeEmWe dsb. Lho kok? Lha iya dong. Khan kita harus ke Toko Bangunan dulu buat beli peralatan seperti dibawah ini. Namun, ada baiknya Anda membuat satu dulu. Jika berhasil, baru deh buat yang banyak.

Bahan yang dibutuhkan

- Pralon ukuran 1 inch beli pralon sesuai kebutuhan. Maksutnya, berapa biji kita akan membuat terompet ini.



- Keni ukuran 3/4 inch Keni Pralon - masih ceritanya Saya sendiri bingung mau menyebut ini apa. Kalau bisa, konsultasikan dengan penjualnya.


- Lem Pralon yang jelas bukan lem kertas


 - Selang Air kecil Selang air untuk Aquarium yang bening itu loh. Bukan selang air untuk kran.


- Balon Kalo ndak ada di toko bangunan, silahkan ke toko terdekat Anda. Kapi kalo pakai “balon” yang di Apotik itu bisa ndak? Bisaa…malah bunyi yang dihasilkan akan semakin lantang.


- Karet Gelang Mosok yang satu ini ndak tahu? Sedangkan cara membuatnya , Karena saya sendiri juga bingung untuk menjelaskan secara rinci.




Terompet Pralon yang siap pakai




Setelah selesai, sekarang coba Anda tes hasilnya. Bisa keluar suaranya atau tidak. Kalau bisa, silahkan tiup disini komentarnya yak? Saya juga sedang mempersiapkan artikel sambungan mengenai cara membuat terompet dari pralon benang.

Mau menunggu atau kabuur aja?

1 komentar:

  1. gak ada Foto gambar aslinya boss?? kurang jelas dibagian pralon aksesoris ...bisa tolong diperjelas ?? soale ada 2 sambungan...

    BalasHapus