Translate

Kamis, 05 Juli 2012

cara membuat mudah bangun pagi (sholat subuh)


    Banyak pekerja atau mahasiswa yang mengalami kesulitan saat bangun pagi. Umumnya hal ini dikarenakan berubahnya jam tidur dan kesibukan tingkat tinggi yang memaksa mereka untuk tidur telat dan akhirnya sulit bangun pagi.Namun apa daya ketika semua kegiatan harus berjalan dari pagi hari?
Mulai sekarang, kurangi kebiasaan tidur malam, dan cobalah tips & trik sederhana di bawah ini :








Persiapkan suasana tidur nyaman

Agar lebih mudah bangun pagi, malam harinya Anda harus mematikan segala rangsangan yang berasal dari alat elektronik seperti TV, computer, atau handphone kira-kira 1 jam sebelum tidur. Bersihkan tubuh, atur cahaya lampu dan pilih alas tidur yang nyaman, sehingga esok harinya tubuh lebih bugar.






Pasang alarm dengan bunyi yang lembut
Sebelum tidur, pasang alarm dengan bunyi yang lembut tetapi cukup bisa terdengar oleh Anda meski sedang tidur. Bunyi terlalu melengking dan keras justru akan membuat Anda pusing dan jantung berdegup kencang saat bangun pagi. Jauhkan letak alarm, agar saat mematikan Anda perlu menggerakan tubuh dan tidak kembali tidur.

      Lakukan peregangan tubuh
Saat masih di tempat tidur, regangkan tubuh Anda. Menggeliat ke arah samping kanan dan kiri, rentangkan lengan, luruskan jari-jari tangan dan kaki. Gerakan ini akan meredakan rasa melayang yang kerap terjadi akibat bangun terlalu pagi.

      Tarik nafas dalam-dalam
Duduk diam sejenak di pinggir tempat tidur, jangan langsung berpikir berat. Tarik nafas dalam-dalam, kemudian hembuskan perlahan. Lakukan beberapa kali sembari memejamkan mata dan tersenyum.

      Bergerak untuk melancarkan darah
Setelah bangkit dari tempat tidur, cobalah untuk melakukan gerakan-gerakan ringan seperti : menggerakan kepala, kanan kiri atas bawah; menggoyangkan bahu, memutar leher, menggerakkan pinggang dan melompat-lompat kecil. Gerakan-gerakan tersebut berguna untuk melancarkan peredaran darah.

      Minum air putih
Selalu sediakan air putih di kamar Anda. Jadi setelah bangun tidur Anda bisa langsung meminumnya untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang selama tidur.

      Mengguyur tubuh dengan air sejuk
Meski udara pagi cukup dingin, jangan malas untuk langsung mengguyur tubuh dengan air. Segera mandi dan rasakan kesegaran tubuh yang luar biasa setelahnya.

      Biasakan sarapan pagi
Penelitian membuktikan bahwa orang yang selalu menyempatkan diri untuk sarapan memiliki daya pikir lebih tinggi daripada yang tidak. Selain itu, dengan sarapan maka otomatis energi Anda bertambah dan badan terasa bugar untuk menjalani aktivitas seharian nanti.

     Selain langkah-langkah trik bangun pagi di atas, hal yang paling penting diperhatikan adalah atur jadwal tidur. Konsistensi waktu tidur yang cukup akan membuat tubuh Anda terbiasa. Sehingga tidak perlu repot bangun pagi dengan bunyi alarm lagi.

sing penting yo jok lali sholat subuh oke...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar